Mencicipi Nikmatnya Makanan Khas Balikpapan yang Unik
Beranda » Indonesia Culinary » Mencicipi Nikmatnya Makanan Khas Balikpapan yang Unik
Mencicipi Nikmatnya Makanan Khas Balikpapan yang Unik
Selasa, 25 April 2017 - 03:17:08 WIB | Diposting oleh : Administrator | Kategori: Indonesia Culinary - Dibaca: 867 kali


Di Kalimantan, khusus nya Balikpapan wisata pantai atau lautnya cukup populer, tercatat 480 ribu wisatawan mengunjungi Kalimantan pada tahun 2016 lalu, dan ditarget kan tahun ini 500 ribu wisatawan. Meskipun Balikpapan termasuk kota yang kecil jika dibandingkan dengan Samarinda, tapi di jamin banyak hal menarik yang bisa anda dapatkan disini, salah satu nya makanan khas Balikpapan.

Sebelum icip-icip makanan khas Balikpapan, alangkah baiknya kita mengenal sedikit mengenai kota ini. Balikpapan merupakan bagian dari provinsi Kalimantan Timur, dengan luas mencapai 503,3 km². Memiliki bandara yang cukup terkenal dan termegah di Indonesia yaitu Bandara Sepinggan. Bandara ini memiliki desain yang modern dan dilengkapi dengan sistem keamanan yang canggih. Kota ini terletak di tepi pantai jadi jangan kaget jika kulinernyakebanyakan menggunakan hasil laut.

Makanan Khas Balikpapan Yang Harus Di Coba

#1. Olahan Kepiting

Karena berada di dekat laut, kuliner khas Balikpapan lebih banyak di dominasi oleh hasil laut seperti ikan, kerang dan kepiting. Nah, Yang menjadi favorit dan makanan khas Balikpapan adalah kepiting Dandito dan kepiting Kenari. Kedua nya tadi adalah nama tempat makan yang menyediakan makanan lezat dari olahan kepiting. Jadi kalau kamu berkunjung ke kota ini dan ingin merasakan masakan khas kepiting, kamu bisa mampir ketempat tadi.

Untuk harga pas di kantong, untuk rasa jangan ditanya cobain deh sendiri. Selain itu kamu juga bisa menemukan olahan kepiting lainnya seperti abon kepiting, pepes, dendeng, snack dan keripik kepiting.

#2. Bingka

Makanan khas Balikpapan yang satu ini berjenis kue, biasa disebut bingka. Kue tradisional ini berbahan dasar kentang, untuk campuran nya adalah gula, telor, santan, susu dan mentega. Kue ini memiliki tekstur lembut dengan rasa yang manis dan gurih. Kue ini sebenarnya kurang cocok untuk di jadikan buah tangan, karena kue ini di buat tanpa bahan pengawet, jadi tidak bisa bertahan lama.

Tapi jika kamu ingin sekali membawa nya sebagai oleh-oleh, tips nya beli kue ini saat akan menuju ke bandara dan pesan yang baru jadi. Kue bingka tersedia dengan aneka rasa, seperti rasa pisang, gula merah, keju dan labu merah.

#3. Mantau

Salah satu makanan khas Balikpapan selanjutnya adalah mantau. Mantau sendiri aslinya dari negeri China, walau begitu kue ini sudah bertahun tahun menjadi kuliner khas yang cukup populer di kota ini.Mantau cocok di jadikan buah tangan, karena selain rasanya yang enak, pengemasannya juga simple dan praktis.

Mantau dibuat tanpa bahan pengawet dan biasanya hanya tahan sampai 2 hari saja, tapi jika ingin tahan sampai 1 bulan bisa disimpan di freezer. Jika kamu ingin membeli mantau yang enak dan berkualitas, coba datangi toko pondok mantau di Jl Jend. A Yani no. 28, karena toko ini sudah terkenal dan sering diliput oleh stasiun televisi nasional.

#4. Amplang

Amplang adalah oleh-oleh khas Balikpapan yang banyak ditemui sepanjang jalan, biasanya wisatawan yang berkunjung ke kota ini wajib membawa amplang sebagai buah tangan. Amplang di buat dari olahan daging ikan tenggiri atau ikan lainnya. Amplang memiliki cita rasa yang gurih dan lezat, tapi jika ingin lebih nikmat lagi coba deh di cocol dengan saus sambal, hmm pasti ketagihan. Amplang awet hingga beberapa bulan ke depan, jadi kamu bisa stok yang banyak buat cemilan.



Berita Lainnya


    0 Komentar