Tempat Wisata Klaten Terbaik Yang Harus Dikunjungi
Beranda » Indonesia Destinations » Tempat Wisata Klaten Terbaik Yang Harus Dikunjungi
Tempat Wisata Klaten Terbaik Yang Harus Dikunjungi
Selasa, 25 April 2017 - 03:24:03 WIB | Diposting oleh : Administrator | Kategori: Indonesia Destinations - Dibaca: 633 kali


Tempat wisata klaten. Menjadi bagian dari Provinsi Jawa Tengah, Klaten berbatasan langsung dengan Boyolali di Utara, Sukoharjo di timur dan DI Yogyakarta di sebelah selatan dan barat. Salah satu komplek candi Hindu terbesar di Indonesia, candi Prambanan ada di daerah ini.

Banyak tempat wisata di Klatenmemiliki sejarah yang panjang dan menarik untuk di kunjungi. Jika sobat ingin berlibur bersama keluarga atau pasangan, cobalah ke sini karena selain menambah wawasan, suasana dan pemandangan nya juga indah.

Tempat Wisata Klaten Yang Menarik Untuk Di kunjungi

Jika sobat pergi ke Klaten jangan lupa untuk plesiran ke tempat-tempat wisata yang ada disana, supaya tidak bingung berikut ini kami ulas beberapa tempat wisata di Klaten yang tidak boleh di lewatkan.

1. Candi Sewu

Salah satu tempat wisata di Klaten yang memiliki nilai sejarah yang tinggi adalah Candi Sewu. Candi ini berada di Dukuh Bener, Desa Bugisan, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Candi sewu atau candi seribu terdiri atas 249 buah gugusan candi. Dengan 1 buah candi utama dan 8 candi pengapit serta 240 candu perwana.

Lokasi candi Sewu kurang lebih 800 meter sebelah selatan dari arca Rara Jongrang, di komplek candi Prambanan.Candi Sewu tersusun dengan rapi dan simetris, dimana candi utama di kelilingi oleh candi pengapit dan candi perwara.

2. Candi Lumbung

Candi yang satu ini juga menarik untuk di kunjungi dan masih berada di Klaten. Candi Lumbung terletak di kawasan komplek candi Prambanan tepat nya di sebelah candi Bubrah. Candi ini memang tidak besar, hanya berukuran 8,7 m x 8,7 m dan tinggi nya hanya 8 m.

Di bagian tengah candi ada sebuah sumur yang di gunakan sebagai tempat menyimpan peripih. Candi Lumbung adalah candi tunggal yang berdiri sendiri tanpa memiliki candi pendamping atau perwara.

3. Candi Plaosan

Masih di wilayah Prambanan, tepat nya sekitar 1 km sebelah timur dari candi Prambanan,  ada candi yang juga tidak kalah indah dan menarik, yaitu candi Plaosan. Terletak di dukuh Plaosan, desa Bugisan, candi ini tidak kalah megah di banding kan dengan Prambanan.

Candi Plaosan adalah sebuah candi Budha, yang di kenali dengan ada nya arca Budha dan candi pendamping yang berbentuk stupa. Komplek Plaosan di perkirakan di bangun pada abad ke 9 di masa kerajaan Mataram kuno. Komplek candi ini di bagi dalam 2 wilayah, yakni candi Plaosan Lor dan Candi Plaosan Kidul.

4. Gua Suran

Gua Suran berada di Kalurahan Jatianom, Kecamatan Jatianom. Gua ini di kenal sebagi tempat semedi Kyai Ageng Gribig pada saat belum bisa membuat masjid. Memiliki kedalaman sekitar 4 meter dan berbentuk L, di dalam gua ini terdapat Sendang Suran yang di gunakan sebagai tempat wudhu Kyai Ageng Gribig.

5. Pemandian Lumban Tirto

Pemandian Lumban Tirto, berada di desa Daleman, kecamatan Tulung. Jaraknya sekitar 17 km dari pusat kota Klaten. Tempat pemandian ini berada di kawasan seluas 700 m, dengan luas kolam 25 m x 8 m dengan kedalaman sekitar 1,5 m. Sedangkan di sebelah barat laut Lumban Tirto terdapat Umbul Ingas yang memililki panorama yang indah, sumber air di tempat ini di gunakan untuk air minum Keraton Surakarta Hadiningrat.



Berita Lainnya


0 Komentar