Wisata Air Terjun Di Banten
Beranda » Indonesia Destinations » Wisata Air Terjun Di Banten
Wisata Air Terjun Di Banten
Selasa, 25 April 2017 - 03:25:31 WIB | Diposting oleh : Administrator | Kategori: Indonesia Destinations - Dibaca: 681 kali


Provinsi Banten identik dengan obyek wisata laut nya yang sudah terkenal di Indonesia, seperti pantai anyer, pantai carita, pelabuhan ratu, karang bolong dan masih banyak lagi. Tapi ternyata belum banyak wisatawan yang tahu mengenai tempat wisata air terjun di Banten yang merupakan permata tersembunyi di salah satu Kabupaten nya, Lebak.

Kondisi geografis Kabupaten Lebak mayoritas adalah pegunungan yang memiliki kekayaan alam yang indah, tapi sayang potensinya belum dikembangkan secara maksimal. Lebak berada di perbatasan antara provimsi Banten dengan Jawa Barat.

Tempat wisata yang terkenal di Lebak bahkan sampai mancanegara adalah Pantai Sawarna, pantai yang memiliki pasir putih yang eksotik ini juga menjadi tempat favorit wisatawan asing umtuk berselancar. Selain potensi pantai nya, Lebak di pedalaman juga menyimpan wisata alam yang menakjubkan berupa air terjun atau curug.

Tempat Wisata Air Terjun Di Banten

Tempat wisata air terjun di Banten sebenarnya cukup banyak, khususnya di wilayah Lebak. Untuk memenuhi rasa penasaran kamu, yuk simak ulasan nya dibawah ini:

#1. Curug Munding

Tempat wisata air terjun di Banten yang pertama adalah Curug Munding.Terletak di desa Cicaringin, Kecamatan Gunung Kencana, curug munding memiliki kisah yang cukup unik dalam hal pemberian nama nya. Dalam bahasa setempat “Munding” berarti kerbau.

Menurut penuturan warga setempat pada zaman dulu ada kerbau yang melompat dari atas air terjun, dari kejadian tersebut warga menamai air terjun ini dengan curug munding. Belum banyak wisatawan yang mengetahui curug ini, sehingga keadaan nya masih terlihat alami dan asri.

Di jamin kamu tidak akan menyesal jika sudah tiba di curug ini, segala beban hidup dan permasalahan serasa lepas dari pikiran.

#2. Curug Ciporolak

Kondisi Curug Ciporolak yang cukup tersembunyi dan jauh dari kebisingan kota menjadikan tempat ini cocok untuk menenangkan pikiran dari segala masalah. Kondisi alam nya yang masih terjaga dari tangan tangan jahil manusia, merefleksikam keadaan alam yang sebenarnya.

Air dari curug Ciporolak terkenal kesegarannya, diperkirakan suhu air nya mencapai 15 derajat celcius dan stabil sepanjang waktu.Penamaan curug ini juga unik,  merujuk pada kejadian bebatuan kecil yang sering jatuh dari atas air terjun karena terbawa arus yang kemudian menimbulkan bunyi gemlotak, akhirnya dipilih nama ciporolak ini.

Bagi kamu yang ingin merasakan kesegaran air curug ciporolak ini, lokasi nya berada di Desa Hegarmanah atau Lebak picung, Kecamatan Cibeber, Kabupaten Lebak, Banten.

#3. Curug Kumpay

Tempat wisata air terjun di Banten berikutnya adalah curug Kumpay. Berada di kampung kumpay, Kecamatan Sajira, Kabupaten Lebak. Selain keindahan air terjun dan pemandangan alam nya, curug kumpay ternyata menyimpan banyak cerita misteri.

Lokasi curug ini berada di dalam hutan dan belum banyak wisatawan yang tahu tempat ini. Jika kamu penasaran sebaiknya mencari pemandu dari warga setempat supaya tidak tersesat. Karena tempat nya agak sulit dicari apalagi bagi yang pertama kali kesini.

Curug kumpay termasuk tempat yang sakral bagi warga setempat, karena pada saat saat tertentu tempat ini di gunakan untuk melangsungkan ritual. Yang unik menurut kesaksian sejumlah warga setiap ada warga atau wisatawan yang membuang sampah di sekita curug, esok hari nya sampah tersebut hilang dengan sendirinya.

Walau begitu sebagai manusia yang berbudi dan cinta terhadap alam, alangkah baiknya untuk selalu menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan.



Berita Lainnya


0 Komentar