Pantai-pantai dengan Dua Pemandangan Terpisah Sunset-Sunrise
Beranda » Indonesia Destinations » Pantai-pantai dengan Dua Pemandangan Terpisah Sunset-Sunrise
Pantai-pantai dengan Dua Pemandangan Terpisah Sunset-Sunrise
Selasa, 25 April 2017 - 03:35:19 WIB | Diposting oleh : Administrator | Kategori: Indonesia Destinations - Dibaca: 803 kali


Ada banyak pilihan untuk tempat wisata pantai di sepanjang pesisir kepulauan kita. Pantai-pantai yang membentang sepanjang kepulauan ini dengan potensi wisatanya mampu menyedot banyak wisatawan dengan daya tarik keindahannya. Masing-masing dengan ciri khasnya memiliki keunggulan tersendiri antara satu pantai dengan lainnya. Demikian juga keadaan bentang alamnya mampu menambah daya pikat di pantai-pantai wisata sehingga memberikan nilai plus bagi penilaian wisatawan. Terdapat juga pantai-pantai dengan kelebihan seperti pesona matahari terbit dan terbenam di pantainya secara sekaligus. Pantai-pantai ini biasanya berupa tanjung yang menjorok ke laut, atau berbentuk pulau kecil yang mudah dijelajahi kedua sisinya. Berikut ini pantai-pantai dengan dua pemandangan terpisah sunset-sunrise yang menawarkan pesona yang unik dan khas dari pantai lainnya.

Pantai Drini, di Gunung Kidul

Salah satu pemandangan pantai menakjubkan yang sayang dilewatkan dari Pantai Drini adalah pesona matahari terbitnya. Di Pantai Drini malah tersedia pula spot khusus bagi para wisatawan yang ingin menikmati suasana matahari terbit. Untuk menyaksikan pemandangan langka ini disarankan untuk bermalam saja supaya bisa lebih pagi datang ke spot tersebut. Ada beberapa penginapan yang dapat digunakan sebagai tempat bermalam.Sebaiknya bila berkunjung ke pulau Drini yang berada tak jau dari dekat pantai ini ketika air laut sedang surut. Tak perlu menjadi climber atau pemanjat untuk naik ke puncak pulau, karena sudah ada tangga beton yang memudahkan kita hingga ke atas. Dari atas pulau Drini ini kita bisa melihat tumpukan alang-alang yang merupakan atap gazebo beserta sederetan perahu nelayan yang berwarna-warni. Dari sini lah tempat yang paling pas untuk menikmati sunset di pantai ini.

Pantai Indrayanti

Pantai Indrayanti merupakan pantai wisata, salah satu pantai yang difavoritkan wisatawan di kawasan Gunung Kidul. Pantai ini memiliki fasilitas yang cukup modern untuk menunjang keindahan pantai ini. Penginapan ini telah dibangun dengan posisi yang terletak di dekat bibir pantai. Tak hanya itu, pemandangan indah dari restoran di atas tebing juga semakin menabah romantisme yang dihadirkan suasana di Pantai Indrayanti. Pantai Indrayanti juga terkenal sebagai pantai dengan keunggulan memiliki spot yang pas untuk menikmati sunrise maupun sunset. Jika ingin menikmati sunrise, kita bisa naik di atas tebing yang berada di sisi kiri pantainya. Dari sini terasa hangatnya mentari pagi sinarnya menghangatkan tubuh. Dengan diiringi alunan ombak, ditemani hamparan hijau lapangan rumput berbukit, berada di pantai ini terasa momennya begitu spesial.

Pantai Pangandaran

Sungguh elok dan penuh pesona menikmati terbitnya matahari pagi di pantai timur pangandaran. Sambil menikmati sunrise ini, kita juga bisa menyantap sarapan di dekat pantai seperti bubur, nasi kuning, dan kupat tahu. Ada juga yang sekedar menikmati minuman hangat kopi susu atau teh manis. Keceriaan terlihat di wajah mereka yang ingin menyaksikan sinar pertama sang surya. Penginapan-penginapanyang berada di pantai timur ini penuh diboking saatmomen tahun baru di Pangandaran.

Di pantai timur Pangandaran ini tampak para nelayan saling bekerjasama menarik jala dari laut hingga ke daratan. Tangkapan yang masih segar ini bisa dinikmati pengunjung dengan cara dibumbui dan dibakar, hingga terasa betul nikmat kesegaran ikannya.

Sementara untuk menikmati sunset, jelas pengunjung akan menikmatinya dari pantai barat Pangandaran yang sudah sangat terkenal itu. Tampaklah mentari perlahan menghilang di balik garis cakrawala dengan sinarnya yang semakin meredup dan bagai hilang tenggelam dalam lautan. Memang pantaslah jika disebutkan bahwa pantai Pangandaran ini adalah pantai terindah di Jawa Barat.

Pantai Pulau Untung Jawa, Kep. Seribu

Di pantai pulau Untung Jawa ini, suatu keistimewaan yang terasa di tempat ini adalah nuansa alami dari pulaunya yang bersih dan asri. Selain itu, harta tak ternilai di pulau ini adalah pemandangan sunset dan sunrise yang bisa terlihat di sebalik sisi lain pulau, yang jaraknya tak begitu jauh jika ditempuh berjalan kaki. Dari balik tanaman-tanaman bakau di pulau ini tampak pasir putih di pinggiran pantai dengan ombak yang pelan dan sayup di pantai yang landai.

Matahari terbit dapat terlihat dari sisi lain pulau dari lokasi dermaga. Jika ingin melihatnya dengan jelas, dapat menuju lokasi dimana terdapat pohon mangrove yang cukup besar, berdiri kokoh dan terlihat seperti pasangan kembar di antara perairan laut yang dangkal. Dari sini lah akan tampak matahari menyingsing perlahan memberikan kehangatan kepada alam.

Untuk menikmati suasana sunset, lokasinya masih di sekitar dermaga tempat perahu-perahu penyebrangan berlabuh. Di saat langit cerah dan cuaca yang mendukung, matahari terbenam dapat terlihat dengan jelas diiringi indahnya warna-warni langit yang melukis angkasa.

Pantai Gili Trawangan, Lombok

Di Pantai Gili Trawangan ini juga kita bisa menikmati pemandangan terpisah sunset-sunrise dalam satu kawasan pantai. Semakin kita berjalan ke arah barat, memang pantainya terasa semakin sunyi. Beberapa cottage tampak cantik di sekitar pantai. Di pantai ini cocok sekali sebagai tempat bagi mereka yang mencari ketenangan. Beberapa wisatawan asing sedang asyik jogging di sore hari sambil menunggu matahari terbenam.

Sunset di Gili Trawangan

Saat matahari mulai tenggelam, langit yang semula biru muda kini berubah menjadi biru tua. Tampak jelas batas cakrawala berubah menjadi kemerahan seiring dengan tenggelamnya surya. Untuk menikmati  momen indah tersebut, bisa dilakukan di pantai berpasir putihmelihat sunset yang cantik luar biasa. Warna biru langit dengan paduan jingga kemerahan tampak sempurna menghiasi langit di batas barat cakrawala.

Saat-saat sunrise

Tak seperti sunset di mana harus menempuh jarak sebalik pulau yang lumayan jauh, cukup duduk di pelabuhan saja untuk menyaksikan mentari pagi. Warna kuning keemasan tampak mendominasi langit timur dari semulaberwarna biru muda. Lautan yang biru turut memperindah pemandangan pagi dengan merefleksikan warna langit yang indah.

 

Angin berhembus dengan sepoi membawa aroma laut yang khas di pantai-pantai dengan dua pemandangan yang terpisah sunset-sunrise. Ombak-ombak berkejaran menghempaskan diri di pantai menggulung pasir hingga daratan. Sungguh pengalaman luar biasa menikmati sunset dan sunrise yang menghiasi langit pantai yang sedap dipandang mata ini.

 



Berita Lainnya


0 Komentar